Cara menerbitkan novel di play store dan google book

Tak lengkap rasanya bila suatu karya tidak dibagi dengan orang lain. Tak terkecuali karya dari buah pikiran yang tertuang dalam lembar demi lembar kertas dan disusun huruf demi huruf membentuk sebuah karya aksara yang indah. Keindahan dari suatu karya bisa dinikmati banyak orang bila karya tersebut dipublish dan diterbitkan. Berbagai macam cara dilakukan penulis agar orang  orang bisa menikmati karyanya apalagi kalau sampai bisa mendapat respon positif dari sekitar. Cara cara  yang ditempuh diantaranya: 
  1. Mempublish tulisannya di blog pribadi
  2. Membuat akun sebagai author  di suatu media kepenulisan  yang populer misalnya  Wattpad
  3. Menulis status status yang cukup memukau di sosial medianya. 
  4. Merancanankan untuk menerbitkan karyanya dengan jalan self publishing —> tapi ini memerlukan modal yang cukup besar.
  5. Menjualnya dalam bentuk ebook bisa melalui play store atau google book
Di era digital ini, meski buku dalam bentuk fisik masih cukup diminati, tapi perkembangan ebook cukup diperhitungkan. Ebook menjadi solusi bagi kebanyakan orang yang memang menginginkan kepraktisan dan keefisiensian dalam menikmati suatu karya. Meskipun penerbitan buku dalam bentuk fisik masih dilakukan, tapi versi ebooknya tetap harus diperhitungkan untuk masuk dalam rencana penjualan mengingat keterbatan ruang dan waktu. Bayangkan semua orang di seluruh belahan bumi bisa mengakses buku anda  di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu datang ke toko buku, tanpa perlu membawa bawa novel setiap hari dalam tasnya, bisa baca dimana saja dan kapan saja dan pasti dengan harga yang lebih murah karena anda selaku author tidak memerlukan modal yang besar untuk biaya percetakan, ongkir dll.  How wonderfull that!

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya ketika mulai menjual novel pertama saya dalam bentuk ebook setelah sebelumnya saya sempat mencetak novel tersebut secara self publishing berdasarkan preorder.  Setelah pre order berakhir kita akan kesulitan mencari konsumen karena buku yang dicetak secara self publishing memiliki pasar sendiri karena tidak dipajang di toko buku yang biasa kita temukan di kota. 

Untuk itulah saya memikirkan berbagai cara bagaimana agar karya saya tetap bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja. Ehmm, akhirnya kepikiran untuk menjualnya dalam bentuk ebook. Tapi ingat jangan sesekali menjual buku dalam bentuk ebook dengan mengirimkan file tipe Pdfnya secara langsung. Ini sangat rentan terjadi plagirism dan penyebarluasan konten tanpa izin authornya. Meski pdf tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai macam kode dan diprotect agar orang lain tidak bisa mengkonversi, mengcopy, memperbanyak atau mengupload konten tapi kenyataannya cara cara para plagiat selalu selangkah lebih maju dari kita. Itulah mengapa bisnis plagiat tidak akan pernah musnah dari muka bumi ini karena Peminatnya masih tinggi. 

Solusi yang paling jitu adalah bergabung dengan penerbit di salah satu sistem operasi yang sangat booming saat ini. Yakni google melalui playstorenya. Semua pengguna android seluruh dunia dapat mengakses buku anda kapan saja dan dimana saja. 

Untuk keuntungan dan penjualan bisa disesuaikan. Apakah anda ingin menyediakannya secara free atau berbayar. Bagaimana pembagian hasilnya dengan penerbit atau apakah penerbit akan meletakkan iklan di konten karya anda sesuai dengan permintaan authornya.



Silakan berbagi karya anda di Ebooksia Publisher. Salah satu mitra google dalam hal penerbitan buku. Tinggal tunggu buku anda diapprove dan buku anda akan ada diplay store. 

Tidak seperti mitra google penerbit online lainnya, ebooksia publisher tidak memaksa anda mempublish buku anda free dan anda hanya memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan dari iklan, ebooksia publisher menyerahkan semua keputusan kepada anda. Apakah bukunya available for free atau berbayar. 

Tunggu apa lagi, terbitkan buku anda secara online melalui ebooksia publisher dan biarkan semua orang di seluruh dunia menikmatinya. Tanpa khawatir karya anda dibajak orang yang tak bertanggung jawab.

Info lebih lanjut
Melalui line: yesica_sofyan
Telegram: saufagha

Atau email: ebooksiapublisher@gmail.com





1 komentar:

Buat teman yang minat punya akun google play sendiri, kebetulan saya punya 2 akun. Satu mau dijual.

Yg minat bisa kirim pesan ke email ebooksiapublisher@gmail.con


EmoticonEmoticon